Yuk Simak,, Tips Dan Cara Merawat Gardan Mobil “Untuk Diketahui”

Yuk Simak,, Tips Dan Cara Merawat Gardan Mobil “Untuk Diketahui”

Tips Dan Cara Merawat Gardan Mobil – Dalam hal ini garden dapat jadi salah satu komponen vital pada mobil yang kerap kali terlupakan dalam perawatannya. Padahal garden ialah salah satu komponen pokok dalam sistem pemindahan tenaga yang memiliki banyak fungsi penting bagi mobil terutama saat mobil sedang berbelok.

Ya garden akan meneruskan putaran mesin dari transmisi ke roda, dan selain itu garden juga akan mengatur jumlah putaran roda kanan dan kiri saat mobil berbelok yang sehingga keausan pada ban akibat selip saat berbelok dapat terhindarkan.

Lalu bagaimana cara merawat gardan mobil supaya tetap awet dan tidak menimbulkan masalah ?? Nah pada ulasan kali ini, kami akan berbagi tips dan cara merawat gardan mobil supaya tetap awet digunakan, nah simak pemaparan selengkapnya dibawah ini:

Dengan Mematuhi Aturan Dan Jadwal Penggantian Oli Gardan

Untuk langkah pertama sebagai tips dan cara merawat gardan mobil ialah patuhi aturan dan jadwal penggantian oli gardan. Oli gardan berfungsi sebagai pelumas yang setidaknya memiliki 3 fungsi penting yakni, melumasi, mencegah karat, serta melindungi komponen gear dari keausan berlebih akibat beban kerja gardan.

Dan masalah utama dari penggantian oli gardan ialah interval waktu penggantian. Dan umumnya oli gardan memiliki interval waktu sekitar 2 tahun atau setidaknya sudah menempuh jarak 40.000 km. Dan waktu yang terlalu lama ini kerap kali membuat kita lupa. Oleh karena itu kita perlu memperhatikan dan mematuhi aturan serta jadwal penggantian oli gardan dengan benar.

Dengan begitu, maka kualitas oli yang digunakan pada gardan akan tetap terjaga sehingga dapat tetap maksimal melindungi komponen gardan di dalamnya.

Dengan Menggunakan Oli Gardan Yang Sesuai Spesifikasinya

Hal selanjutnya yang perlu dilakukan untuk merawat gardan mobil ialah menggunakan oli gardan yang sesuai dengan spesifikasinya serta jumlah oli yang digunakan.

Dan perlu kita ketahui bahwa oli gardan ini masing-masing merek mobil akan berbeda-beda spesifikasinya, baik kekentalan serta API servicenya. Belum lagi dari adanya bentuk dan tipe-tipe gardan yang sudah dikembangkan seperti misalnya menggunakan LSD atau menggunakan sistem locking.

Dan oleh karena itu, ikuti spesifikasi oli gardan yang sudah direkomendasikan oleh pihak pabrikan mobil yang umumnya disertakan pada buku panduan service kendaraan masing-masing. Dengan begitu maka kita sudah meminimalisir kesalahan penggunaan jenis oli gardan yang dapat berakibat pada kerusakan gardan itu sendiri.

Yuk Simak,, Tips Dan Cara Merawat Gardan Mobil “Untuk Diketahui”

Dengan Menghindari Dalam Menggunakan Ban Dengan Merek Dan Ukuran Yang Berbeda

Supaya gardan mobil tetap awet, hindarilah menggunakan ban dengan merek dan ukuran yang berbeda, khususnya antara sisi kiri dan sisi kanan gardan. Perbedaan ukuran ban akan sangat mempengaruhi kinerja gardan itu sendiri.

Ya menggunakan ban dengan ukuran dan kembang ban yang berbeda akan mempengaruhi jumlah putaran pada poros axle roda ke gardan sehingga muncul ketidak-seimbangan putaran diantara side gear dan differential gear.

Jika ketidak-seimbangan akibat perbedaan ukuran ban terus menerus terjadi pada gardan, hal ini maka cepat atau lambat akan muncul masalah pada gardan, seperti misalnya gardan mendengung atau bergetar kasar.

Oleh karena itu selalu pastikan ukuran ban dan bentuk kembang ban harus benar-benar sama antara roda kanan dan roda kiri yang terkait pada gardan.

Hindari Selip Yang Berlebihan Pada Roda

Tips dan cara merawat gardan mobil yang selanjutnya supaya gardan bisa awet digunakan ialah dengan menghindari selip berlebihan pada roda. Seperti misalnya ketika berada di medan off road, ban terjebak dilumpur dan hanya bisa berputar di tempat. Alangkah baiknya jika menambahkan alat bantu berupa winch untuk membantu mobil keluar dari lumpur.

Jika terus memaksakan roda berputar di tempat pada porosnya dengan kondisi tanpa beban, maka akan terjadi selip yang berlebihan. Hal ini akan berakibat pada munculnya panas di gardan yang akan merusak oli gardan serta merusak komponen gear didalam gardan itu sendiri.

Jika memang sudah sangat terpaksa dan tidak ada alat bantu, sebaiknya hentikan putaran roda selama beberapa saat untuk mendinginkan komponen di dalam gardan.

Jangan Biarkan Bearing Poros Roda Oblak Terlalu Lama

Hal terakhir sebagai tips dan cara merawat gardan mobil ialah dengan tidak membiarkan bearing poros roda oblak terlalu lama. Ya pada gardan, khususnya dibagian ujunga casing axle, biasanya terdapat bearing untuk poros axle “axle shaft”.

Bearing ini cukup rentan terhadap keausan, yang sehingga dapat mengakibatkan oblaknya poros axle shaft. Jika axle shaft berputar dengan kondisi bearing oblak secara terus menerus, maka hal ini akan mempengaruhi posisi gear didalam gardan “khususnya side gear yang terhubung langsung dengan axle shaft”.

OIengnya putaran akan mengakibatkan keausan tidak merata pada side gear. Hal inilah yang akhirnya akan menimbulkan bunyi mendengung pada gardan atau bahkan getaran saat mobil berjalan atau berbelok. Oleh karena itu selalu pastikan kondisi bearing poros roda ini selalu dalam kondisi yang baik dan tidak oblak.

Demikianlah pembahasan mengenai Yuk Simak,, Tips Dan Cara Merawat Gardan Mobil “Untuk Diketahui”semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

/* */