Ciri Pompa Power Steering Mobil Rusak ??? Inilah Solusinya

Ciri Pompa Power Steering Mobil Rusak ??? Inilah Solusinya

Ciri Pompa Power Steering Mobil Rusak – Dalam hal ini ada banyak masalah yang berkaitan dengan sistem power steering mobil salah satunya pada sektor pompa. Namun gejala yang ditimbulkan biasanya samar-samar, artinya apa pompanya memang rusak atau rack steernya yang rusak gejalanya bisa sama saja.

Oleh sebab itu ketika kalian merasakan ada yang beda pada sistem power steering mobil kalian kalian perlu mencari referensi sebanyak mungkin tentang power steering terutama kerusakan dibagian pompa power steering, yang sehingga nantinya tidak ada salah estimas.

Nah dibawah ini kamia akan berikan sedikit referensi tentang ciri yang mungkin dialami saat ada kerusakan pada unit pompa power steering beserta cara bagaimana mengatasinya.

Ciri Ciri Pompa Power Steering Rusak

Secara umum hanya ada tiga tanda apabila pompa power steering mobil rusak yakni:

  • Setir berat
  • Bunyi dengung
  • Suara kasar/ngorok saat setir dioperasikan

Meskipun ada tiga kalian tidak perlu menunggu ketiga tanda tersebut untuk muncul bersama-sama. Artinya segera lakukan perbaikan apabila muncul salah satu tanda. Lantas bagian apa yang mengalami kerusakan ??

Seal Pompa

Pompa power steering itu memompa fluida yang nitabene fluida itu zat cair. Sehingga seal ini sangat amat diperlukan dalam pengoperasian pompa power steering. Fungsinya untuk menjaga supaya fluida atau minyak power steering tidak bocor saat mengalir dari satu bagian ke bagian lainnya.

Ciri Pompa Power Steering Mobil Rusak ??? Inilah Solusinya

Di dalam pompa power steering sendiri tidak hanya ada satu seal tapi ada beberapa seal yang apabila salah satunya rusak maka minyak power steering bisa bocor sehingga menimbulkan bunyi ngorok hingga setir berat.

Jadi ketika kalian merasakan power steering bunyi atau atau berat, coba cek reservoir oli power steeringnya apa kurang atau tidak. Kalau kurang cek bagian pompanya terutama bagian sambungan pompa dengan selang bagian sambungan pompa dan bagian rotor pompa.

Dan biasanya kebocoran oli power steering akan meninggalkan bekas rembesan, kalau ternyata tidak ada rembesan, cari kebocoran tersebut dikomponen lainnya entah diselang atau rack gear, kalau ternyata rembesannya ada komponen selain pompa maka pompa aman.

Rotor Pompa Aus

Rotor pompa ini berfungsi seperti baling-baling yang mendorong minyak power steering supaya bisa mengalir ke steering rack untuk meringankan setir. Ketika rotor ini bermasalah atau baling-baling pada rotor sudah aus maka tekanan pompa menjadi kurang maksimal. Sehingga setir akan terasa lebih berat.

Ciri Pompa Power Steering Mobil Rusak ??? Inilah Solusinya

Jadi ketika kalian merasa setir lebih berat dari biasanya cek reservoir pompanya pastikan minyak rem tidak kurang. Lalu putar setir dibarengi dengan mengegas mesin. Apabila ada perbedaan tingkat keringan setir maka itu tanda kalau rotor pompa sudah aus.

Lantas Apa Harus Diganti Satu Unit Pompanya Atau Hanya Bagian Tertentunya Saja ??

Sebenarnya kita bisa mengganti hanya part yang rusaknya saja seperti sealnya dan rotornya saja. Tapi hanya ada sedikit bengkel yang berani melakukan hal demikian, dan biasanya bengkel-bengkel spesialis power steering yang memang sudah berpengalaman.

Itu disebabkan pompa power steering cukup sensitif, jadi mengganti part didalam pompa power steering yang rusak tidak menjamin masalah hilang. Jadi untuk lebih amannya, ganti unit pompa. Kalau urusan harga, memang mahal kecuali kalian beli yang copotan mobil lain atau yang KW.

Demikianlah pembahasan mengenai Ciri Pompa Power Steering Mobil Rusak ??? Inilah Solusinya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

/* */