Ternyata Ini,, Cara Mencari Kode Sekring Lampu Mobil !! Yuk Simak

Ternyata Ini,, Cara Mencari Kode Sekring Lampu Mobil !! Yuk Simak

Cara Mencari Kode Sekring Lampu Mobil – Dalam hal ini sekring ialah komponen kelistrikan mobil yang sering sekali putus, ketika sekring putus maka kelistrikan yang dilayani sekring pun tidak akan berfungsi. Misalnya kalau sekring lampu putus otomatis lampu mobil akan mati.

Dan sebenarnya untuk mengatasi hal demikian ini kita perlu mengganti sekring yang putus tersebut dengan yang baru. Tapi masalahnya dimana letak sekring lampu tersebut ?? Nah di ulasan kali ini kami akan bahasa letak sekring lampu pada mobil.

Lantas Dimana Letak Sekring Lampu Mobil ??

Sebuah mobil umumnya memiliki dua fusebox. Fusebox ialah sebuah kotak yang isinya sekumpulan fuse. Jadi semua fuse kelistrikan mobil dikumpulkan dalam sebuah kotak bernama fusebox. Sehingga kalau kalian akan mencari sekring apapun ada di dalam fuse box.

Tapi umumnya mobil punya dua fuse box, seperti pada Avanza ada fusebox underhood yang letaknya dibawah kap mesin dan ada fusebox kabin yang letaknya dibawah dashboard. Lalu dimana kita bisa menemukan sekring lampu ??

Sekring yang berhubungan dengan penerangan ekstrior umumnya terletak di fusebox underhood yang bisa kalian temukan dibawah kap mesin. Letak fuse box ini berbeda-beda tiap mobil, tapi umumnya fusebox terletak pada area yang mudah sekali dijangkau.

Setelah itu buka penutup fuse box maka kalian akan melihat denah sekring beserta kodenya dibalik tutup fuse box. Denah dan kode-kode ini ialah referensi untuk mencari tahu letak dan kapasitas sekring lampu mobil.

Ternyata Ini,, Cara Mencari Kode Sekring Lampu Mobil !! Yuk Simak

Kode yang menunjukan sekring lampu utama ialah H-Lp, biasanya ada dua buah sekring yakni H-LP LH dan H-LP RH keduanya ialah sekring lampu utama “lampu depan” kanan dan kiri. Lantas untuk lampu belakang, biasanya ada kode STOP, lanpu sein/hazzard memiliki kode HAZARD dan lampu kabut kodenya FOGLAMP.

Kapasitas sekring untuk penerangan ekstrior biasanya hanya 10 A. Itu artinya apabila arus yang mengalir melebihi btas 10 A maka sekring akan putus. Apa bisa kita mengganti sekring dengan kapasitas lebih tinggi ??

Bisa saja tapi hal itu beresiko membuat komponen bohlam/soket lampu terbakar. Karena arus maksimal yang mengalir bisa lebih tinggi dari pada 10 A. Tapi ada pengecualian ketika sekring 10 A terus putus kalian dapat sementara menggantinya dengan sekring dengan kapasitas lebih tinggi “sekitar 15 A”.

Tapi ini bersifat sementara, kalian perlu membawa mobil ke bengkel untuk mengatasi hal ini. Karena kalau sekring 10 A terus putus, berarti ada korsleting di jalur kelistrikan lampu.

Untuk mengganti sekring juga kalian tidak perlu repot datang ke bengkel, karena didalam fuse box ada spare fuse. Biasanya fuse ini memiliki kode SPARE. Kalian tinggal cabut sekring yang memiliki kode SPARE lalu masukan ke slot sekring yang mati.

Demikianlah pembahasan mengenai Ternyata Ini,, Cara Mencari Kode Sekring Lampu Mobil !! Yuk Simak semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

/* */