Cara Mudah Mengatasi RPM Suzuki Swift Mati,,, Yuk Simak

Posted on

Cara Mudah Mengatasi RPM Suzuki Swift Mati,,, Yuk Simak

Cara Mengatasi RPM Suzuki Swift Mati – RPM ialah singkatan dari Rotasi Per Menit atau Revolusi Per Menit. Dan banyak orang yang mengira bahwa fungsi RPM ialah pengingat untuk pindah gigi saja.

Yang sejatinya RPM atau biasa disebut takometer merupakan alat untuk mengetahui jumlah putaran komponen dalam mesin. Dan pada umumnya RPM ditunjukkan dalam bilangan ribuan. Jika takometer berada pada angka 4 berarti komponen bergerak dalam mesin berputar 4000 tiap menit.

Dalam hal ini pada beberapa kendaraan, indikator tersebut ditampilkan dalam bentuk digital, namun tidak jarang pabrikan yang masih menggunakan indikator manual atau jarum.

Pada mesin bertransmisi matic pengendara tidak perlu memperhatikan RPM karena sudah diatur secara otomatis. Mesin jenis ini telah dirancang untuk melakukan perpindahan gigi dengan tepat. Namun jika RPM mengarah pada garih merah, hal itu dapat menjadi pertanda adanya kerusakan pada mesin.

Pengendara mobil manual yang senang berakselerasi harus lebih peka pada pergerakan RPM. Jika jarum terlalu sering menyentuh garis merah maka komponen mesin akan lebih cepat aus. Pembalap pada umumnya telah mengetahui tenaga maksimal yang dimiliki mesin.

Cara Mengatasi RPM Pada Suzuki Swift Mati

Dalam hal ini tips memperbaiki atau mengatasi rpm Suzuki swift mati atau rpm tidak fungsi atau kalian yang menanyakan dimana letak sensor rpm Suzuki swift. Seperti halnya masalah rpm Suzuki swift tidak berfungsi yang ditemui dan selain jarum rpm tidak jalan juga disertai oleh lampu check engine menyala.

Cara Mudah Mengatasi RPM Suzuki Swift Mati,,, Yuk Simak

Dari hasil scanner terdapat trouble code Po340 yang artinya camshaft pos sensor crt malf atau masalah pada sirkuit sensor cmp atau sensor camshaft atau noken as.

Setelah diperiksa secara fisik penyebab dari DTC Po340 tersebut ternyata soket sensor CMP terlepas. Letal atau posisi sensor cmp Suzuki swift di cylinder head mesin bagian belakang persisnya berada sedikit dibawah katup gas “throttle body”.

Setelah soket sensor cmp yang terlepas tersebut dipasang, jarum rpm mesin pada panel spidometer normal kembali dan untuk mematikan lampu indikator check engine yang masih menyala harus hapus DTC yang masih tersimpan oleh ECU mesin.

Penyebab jarum rpm mesin Suzuki swift mati atau tidak menyala tidak saja karena soket cmp terlepas bisa jadi ada kabel soket sensor yang tidak terhubung dengan baik ataupun sensor cmpnya sendiri yang mengalami kerusakan.

Masalah atau kerusakan pada sensor cmp tidak hanya menyebabkan jarum rpm tidak jalan tetapi juga menyebabkan mesin ndut ndutan saat jalan pada rpm tinggi atau pada kecepatan tinggi.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Mudah Mengatasi RPM Suzuki Swift Mati,,, Yuk Simak semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂