Yuk Simak,, Cek Penyebab Mobil Injeksi Susah Distarter,,, !!!

Yuk Simak,, Cek Penyebab Mobil Injeksi Susah Distarter,,, !!!

Mobil Injeksi Susah Distarter – Nah mobil injeksi mempunyai rangkaian pengontrol bahan bakar yang sudah terintegrasi dengan perangkat komputer. Itulah sebabnya kenapa mobil injeksi mempunyai emisi yang lebih ramah lingkungan dan efisien.

Namun permasalahan pada mobil injeksi pun berbeda dengan permasalahan pada mobil yang masih menggunakan karburator. Yang sehingga penyelesaiannya pun akan berbeda.

Dalam hal ini pada mobil injeksi, kalian akan lebih fokus ke sisi elektrikal mesil dibandingkan sisi mekanikalnya. Hal itu disebabkan karena hampir semua kontroller mesin seperti kontroller bahan bakar dan kontroller busi itu sudah diatur menggunakan bantuan sensor.

Dan salah satunya ketika mesin mobil injeksi susah hidup, padahal motor starter hidup/berputar dengan normal tapi mengapa mesin tidak kunjung hidup ?? Inilah yang akan kita bahan berikut ini.

Penyebab Mobil Injeksi Susah Hidup

Dalam hal ini secara umum, untuk syarat mesin bensin bisa nyala harus memenuhi empat kriteria diantaranya yaitu:

  • Udara “Oksigen”
  • Bensin
  • Api “dari busi”
  • Tekanan kompresi

Nah apabila salah satu dari keempat syarat diatas tidak terpenuhi otomatis mesin akan sulit sekali dinyalakan. Untuk sekarang kalau mobil kita sudah injeksi, hal apa saja yang dapat menyebabkan keempat syarat diatas tidak terpenuhi ??

Pada Komponen Fuel Pump Mati

Dasarnya fuel pump akan memompa bensin dari tangki supaya sampai ke mesin, tapi pada sistem injeksi fungsi fuel pump bukan Cuma itu. Fuel pump juga berfungsi untuk menaikan tekanan bensin pada value tertentu supaya bensin tersembur keluar dari injektor saat injektor terbuka.

Jadi pada ketika mesin hidup maka fuel pump akan terus bekerja karena kalau fuel pump mati sedetik saja maka tekana bensin pun akan turun yang sehingga bensin tersebut tidak dapat keluar dari injektor.

Untuk mengecek apakah fuel pump mati atau tidak, coba kalian dengarkan bunyinya. Fuel pump ini terbenam didalam tangki, ketika fuel pump bekerja bunyinya terdengar mendengung. Selain itu cek engine juga biasanya ikut menyala yang menandakan ada kerusakan pada sistem Efi.

Pada Bagian Selang Bensin Bocor

Bagian selang bensin pada mobil injeksi sebenarnya sama saja seperti selang bensin pada mobil-mobil karbu. Tapi selang ini dibuat lebih kuat karena harus menahan tekanan bensin yang lebih tinggi dibandingkan sistem karburator.

Memang jarang sekali kejadian selang bensin bocor karena kelebihan tekanan bensin. Yang sering terjadi ialah selang ini terkena batu atau benda keras lain yang dapat menyebabkan selang pecah sehingga menjadi bocor.

Pada saat selang bocor, maka bensin dari dalam selang akan bocor sehingga tekanan bensin drop. Ini akan membuat mesin tidak menyala karena bensin tidak keluar dari injektor. Selain karena benturan bensin juga bisa bocor dari klem sambungan selang dengan filter bensin.

Sehabis mengganti filter bensin, bisa saja klem tersebut kurang klop. Sehingga begitu mesin dinyalakan tekanan bensin akan melepas sambungan selang. Akibatnya bocor ini dapat terdeteksi dengan mudah dengan melihat lantai atau kolong mobil. Kalau ada tetesan bensin maka sudah pasti bensin akan menjadi bocor.

Aki Sudah Lemah

Aki dalam hal ini memang tidak masuk syarat mesin bisa hidup, namun aki masuk syarat agar motor starter dapat hidup dengan normal. Maksudnya ketika aki lemah maka cranking RPM motor starter menjadi lebih lemah.

Yuk Simak,, Cek Penyebab Mobil Injeksi Susah Distarter,,, !!!

Dan padahal untuk menghidupkan mesin perlu RPM cranking yang agak tinggi “sekitar 700 RPM” tapi kelau RPM cranking lemah, maka otomatis mesin akan jadi susah hidup.

Misalnya ketiak kalian menghidupkan motor dengan kick starter, kalau ayunan kick starter lemah apa mesin akan dapat hidup ?? nah kalau suhu mesinnya masih panas apa mungkin masih bisa tapi kalau dipagi hari saat seuhu mesin dingin kita harus mengayunkan kick starter dengan keras agar mesin hidup.

Komponen Busi Kotor

Busi kotor itu hal yang terbilang wajar, maka oleh sebab itu ada jadwal service rutin yang salah satunya membersihkan busi. Kalau busi tidak dibersihkan padahal mobil selalu digunakan, maka ada titik dimana busi sudah tertutup oleh kerak sehingga tidak bisa mengeluarkan api.

Masalah busi ini umumnya masih mending, karena mesin masih bisa hidup setelah distarter beberapa kali. Tapi biasanya juga disertai brebet, oleh sebab itu jangan lewatkan jadwal service rutin apalagi untuk mobil injeksi.

ISC Valve Macet

Kalau di karburator, itu ada dua sekrup yang mengatur RPM idle mesin, tapi pada sistem injeksi itu sudah tidak ada. Keberadaan sekrup itu digantikan oleh ISC Valve. ISC Valve ialah katup yang mengatur suplai udara saat katup gas tertutup “saat idle” katup ini bekerja secara elektronik dan diatur oleh ECU.

Kalau katupnya macet, maka katup akan tertutup terus meski harusnya terbuka, kalau katup ISC mampet, mesin tidak bisa hidup karena udara seperti diblok. Masalah ISC ini juga sama seperti busi dimana kalau kotor itu wajar. Oleh sebab itu pembersihan ISC Valve juga dilakukan saat service rutin supaya RPM idle mesin tetap stabil.

Ada Bagian Sensor Yang Rusak

Sensor apapun itu kalau rusak, akan dapat menyebabkan kesalahan perhitungan pada ECU. Hasilnya performa mesin akan terganggu, bisa mesin brebet baik diputaran rendah, diputaran sedang atau di RPM tinggi, bisa juga mesin tidak bisa dihidupkan.

Dan intinya kalau kalian menjumpai masalah pada mesin lalu diikuti cek engine yang nyala terus. Segera ke bengkel resmi karena sulit sekali mendeteksi sensor apa yang rusak tanpa keahlian yang mumpuni dan alat scan.

Setelah sensor yang rusak ditemukan, disarankan untuk mengganti unit sensor tersebut. Sensor ini sama seperti komponen elektronik seperti resistor, transistor, dst yang harus diganti kalau rusak.

Demikianlah pembahasan mengenai Yuk Simak,, Cek Penyebab Mobil Injeksi Susah Distarter,,, !!! semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

/* */